Anis Matta: kerukunan Indonesia-Malaysia harus dipertahankan

presiden partai keadilan sejahtera (pks) anis matta menegaskan kerukunan hubungan indonesia-malaysia mesti selalu dipertahankan supaya perkembangan kawasan asia tenggara, khususnya dunia islam.

malaysia masih saja melaksanakan pemilu raya. siapapun dan diamanahi memimpin, hubungan malaysia melalui indonesia mesti tetap elok. kedua negara ini bersaudara, juga kita usah menjaga untuk kedua negara tetap rukun, kata anis pada keterangan tertulisnya dalam jakarta, kamis.

pernyataan presiden partai keadilan sejahtera (pks) anis matta tersebut diutarakan ketika merupakan narasumber pada dialog bertema `gerakan mengembangkan peradaban` yang diselenggarakan persatuan pelajar-mahasiswa malaysia dalam amman, yordania, kamis (2/5) petang waktu setempat.

anis menungkapkan hubungan bagus itu harus dijaga karena indonesia serta malaysia mempunyai posisi strategis dalam tataran dunia islam global. berdasarkan dia, indonesia serta malaysia adalah negara berpenduduk mayoritas muslim dan perkembangan demokrasi juga pertumbuhan ekonomi kedua negara sejauh ini positif.

Informasi Lainnya:

dia menyatakan stabilitas politik serta kemajuan ekonomi indonesia-malaysia merupakan tumpuan waktu depan dunia islam ke depan.

selain turki dan mesir, malaysia juga indonesia menjadi tumpuan juga harapan baru kepada umat islam global. keempat negara inilah yang mempunyai peran untuk `pioneer` dunia islam kini. di percaturan peradaban global ke depan, keempat negara diharap berperan ada, katanya.

anis sempat menyinggung pasang-surut hubungan indonesia-malaysia, dan dirinya berharap semua bagian supaya menghindari persoalan perbatasan adalah pemicu keretakan hubungan kedua negara. masalah perbatasan menurut dia, sering memicu ketegangan politik juga seharusnya diselesaikan dengan menarik.

ketua perhimpunan pelajar-mahasiswa malaysia pada amman, mursyid al-ami, mengatakan paparan anis matta mengilhami mahasiswa malaysia supaya berwawasan global. dalam ini, tutur mursyid, mahasiswa cenderung berwawasan sedikit.

ilmu yang diutarakan tadi mengajak para kaum muda untuk mempunyai visi jauh ke depan. cakupannyapun tak dibatasi oleh negara, ujar mursyid.

anis matta berada di yordania sesudah memimpin konsolidasi perwakilan pks sedunia dalam istanbul, turki. pada amman, ibu kota yordania, anis berhadapan tokoh islam setempat, disamping berdiskusi dengan kelompok masyarakat mahasiswa.