Abbas dan pejabat Israel bahas kelanjutan pembicaraan perdamaian

presiden palestina mahmoud abbas, sabtu (6/4), mengadakan pertemuan rahasia dengan seorang pejabat senior israel supaya membicarakan kelanjutan perundingan perdamaian yang terhenti, kata Satu sumber dipercaya, sabtu.

pertemuan itu diselenggarakan pada malam kunjungan menteri luar negeri as john kerry ke israel dan tepi barat sungai jordan selama minggu. kerry mengunjungi wilayah tersebut guna membantu israel juga palestina melanjutkan pembicaraan mereka, dan sudah terhenti dari oktober 2010.

meskipun washington menyebut kunjungan ke tiga kerry ke timur tengah dalam Salah satu bulan dibuat perjalanan mendengar, media as dan israel menyampaikan diplomat senior washington tersebut hendak bekerja mendapatkan langkah membangun terserah kepercayaan daripada kedua bagian agar melanjutkan pembicaraan perdamaian.

satu aksi yang mampu kerry lancarkan ialah membujuk israel supaya membebaskan ada tahanan palestina yang ditahan dalam penjara dan pemerintah otonomi nasional palestina (pna) mencabut upayanya supaya menuntut israel dalam mahkamah pidana internasional (icc).

Informasi Lainnya:

sumber israel itu, yang tak mau disebutkan jatidirinya, memberitahu xinhua pertemuan diantara abbas dan pejabat israel itu diadakan pada properti abbas pada kota ramallah, tepi barat, jauh daripada media massa.

sumber tersebut tidak bersedia menuturkan identitas pejabat senior israel itu, yang mengadakan pembicaraan dengan abbas selama sabtu pada ramallah. namun ia menungkapkan kedua pejabat itu membahas perkembangan upaya untuk melanjutkan pembahasan segera juga masalah tahanan palestind selama dalam penjara israel.

pertemuan diantara abbas dan pejabat senior israel tersebut merupakan yang pertama sejak pembahasan perdamaian segera diantara kedua pihak berhenti, sesudah pemerintah israel meneruskan pembangunan permukiman dalam tepi barat dan jerusalem timur.