Potensi zakat Indonesia baru terserap satu persen

badan amil zakat nasional (baznas) menyebutkan dari rp217 triliun potensi zakat pada indonesia masih diserap serta dikelola dengan lembaga amil zakat sebesar rp2,73 triliun serta kurang lebih kurang lebih Salah satu persen.

potensi zakat kita amat sulit, cuma saja belum sepenuhnya terserap, daripada data riset ipb selama 2011 potensi zakat kita rp217 triliun, baru terserap juga terkelola rp2,73 triliun serta Salah satu persennya saja, kata ketua baznas prof didin hafidhuddin, pada acara workshop internasional zakat, infak dan perekonomian islam, dalam bogor, senin.

menurut didin, masih kecilnya penyerapan serta pengelolaan zakat sebab berbagai faktor, dalam antaranya belum tumbuhnya kesadaran akan bermanfaat serta faedah zakat, serta kurangnya kepercayaan penduduk pada lembaga zakat.

oleh karena tersebut, lanjut didin, berbagai upaya diselenggarakan baznas selama menyerap potensi zakat dan mengelolaannya.

Informasi Lainnya:

ada empat cara dan dilaksanakan oleh baznas selama memperbaiki penerimaan zakat yaitu melakukan sosialisasi dan edukasi tentang zakat serta pengelolaanya juga penguatan lembaga zakat untuk merupakan lembaga dan bersih sehingga bisa terpercaya oleh umat.

langkah berikutnya pemberdayaan juga keselaran. pengelolaan zakat tidak dapat sendiri, harus bersama-sama, kita memerlukan berbagai unsur lapisan warga, ujarnya.

menurut didin, penerimaan zakat di indonesia setiap tahun mengalami peningkatan. ini terlihat pada tahun 2011 jumlah penerimaan sebesar rp1,7 triliun. mutu ini meningkat di tahun kemarin adalah rp 2,73 triliun.

berdasarkan data dari kementerian perekonomian sumber zakat berasal daripada properti tangga sebesar rp20 triliun serta industri sebesar rp100 triliun.