Kabupaten Bandung banjir, ribuan mengungsi

banjir dalam kawasan baleendah, dayeuhkolot dan bojongsoang, kabupaten bandung tinggal naik makanya membuat ribuan keluarga selama bantaran sungai citarum mengungsi, minggu.

banjir luapan citarum terserah meninggi, sejak sabtu malam mereka terserah mengungsi. mereka diminta mengungsi supaya tak malah ketemu dalam rumahnya, kata kepala bpbd kabupaten bandung marlan.

banjir yang merendam sedikitnya sembilan kelurahan selama tiga kecamatan itu kembali meningkat sabtu lalu akibat hujan deras pada kawasan bandung raya, terutama daerah hulu citarum dalam dua hari terakhir.

ketinggian air di objek wisata banjir tersebut bervariasi antara 50 sentimeter sampai hingga dua meter makanya merendam sampai atap rumah.

Informasi Lainnya:

masing-masing telah mengetahui tujuan pengungsian tiap-tiap, sehingga penanganannya ingin lebih tidak sulit. jaraknya dalam titik-titik yang sudah ditetapkan, ujarnya.

selain merendam pemukiman, banjir juga merendam sederat ruas jalan selama kawasan tersebut semisal jalur baleendah-dayeuhkolot tepatnya pada spbu jembatan dayeuhkolot tergenang banjir hingga semeter oleh karenanya tak bisa dilintasi kendaraan.

juga ruas jalan di jalur dayeuhkolot - bandung tepatnya dalam palasari, dan terendam oleh karenanya jalur itu terputus. praktis arus kemarin lintas dari baleendah/majalaya menuju ke kota bandung hanya melalui jalur baleendah - bojongsoang - buah batu.

tidak semua pengungsi menempati gor atau sekolah dan sudah ditentukan untuk website pengungsian. sebagian penduduk memilih mendirikan tenda-tenda dari terpal melalui membawa alat masak juga alas agar tidur selama tenda dan didirikan selama info lebih tinggi.

lebih aman manfaatkan tenda sendiri, manakala ke gor penampungan jaraknya jauh, lebih baik di sini saja. walaupun harus mengikuti air bersih cukup jauh, papar fatimah, pada tenda daruratnya dalam bantaran sungai citarum.

banjir pada kawasan baleendah itu belum menunjukkan ingin surut sebab hujan deras baru berkurang di bandung selatan tepatnya kawasan kertasari, majalaya serta cicalengka, dan bandung timur.

curah hujan masih lumayan tinggi, oleh karenanya kawasan banjir baru akan terjadi selama pilihan waktu ke depan, papar marlan.