Jalur Ngawi-Solo macet akibat antre solar

sejumlah titik pada jalur jalan raya ngawi-solo, kabupaten ngawi, jawa timur, mengalami macetnya akibat tertutup mobil dan sedang mengantre solar bersubsidi dalam stasiun pengisian bahan bakar publik (spbu) setempat pada juma sore.

kemacetan didominasi dengan kendaraan besar semisal bus dan truk dan mengular sampai mencapai lima kilometer lebih. para petani melalui membawa jerigennya serta kendaraan pribadi dan berbahan bakar solar serta ikut mengantre.

petugas spbu selama jalan raya ngawi-solo, desa sidowayah, kedunggalar, ngawi, agus, jumat petang menyampaikan, bbm bersubsidi jenis solar besar dicari sejak sepekan terakhir.

pasokan solar daripada pertamina memang dibatasi. biasanya bisa dikirim 16 kilo liter semua kali do, kini cuma tinggal setengahnya. resikonya solar besar diharapkan dan selama ngantre, katanya pada wartawan.

Informasi Lainnya:

guna mengurai kemacetan di jalur antarprovinsi itu, petugas satuan lalu lintas polres ngawi terpaksa memberlakukan sistem buka serta tutup jalan.

polisi serta menawarkan sederat jalur alternatif terhadap mobil pribadi dari arah solo yang hendak menuju madiun serta magetan supaya memangkas kemancetan.

kemacetan terjadi sebab keberadaan antrean mobil solar pada spbu dan masih saja menerima pasokan daripada pertamina. macet sudah terjadi sejak pagi, beruntung kini sudah mampu diatasi dengan sistem buka tutup dan tutup jalan juga jalur solusi, ujar kepala satuan 2012 lintas polres ngawi, akp gatut wibowo.

hal serupa serta terjadi selama sederat spbu selama kabupaten madiun. antrean sampai mengakibatkan macetnya 2012 lintas terjadi di spbu sangen, geger, yang terkandung dalam jalan raya madiun-ponorogo dan spbu klitik, wonoasri, dan berada dalam jalan raya madiun-surabaya.

kapolres madiun akbp yusuf, mengatakan, pihaknya sudah menugaskan anggotanya supaya mengatur arus lalu lintas supaya antrean mobil dalam spbu tersebut tidak membuat macet.

kami dan menempatkan sederat personel untuk mengamankan spbu untuk mencegah keributan dan bisa saja terjadi saat antre solar. masing-masing spbu yang rawan ingin dijaga tiga sampai empat personel, kata akbp yusuf.

menurut dia, penjagaan mau dilaksanakan hingga batas waktu dan belum ditentukan. tergantung daripada situasi selama lapangan dan kebijakan pemerintah pusat tenntang pendistribusian bbm bersubsidi tersebut.

seperti disukai, kuota solar bersubsidi tahun ini dipastikan turun daripada tahun sebelumnya akibat menyesuaikan kuota bbm subsidi yang sudah ditetapkan di apbn 2013. untuk wilayah jawa timur, kuota solar bersubsidi tahun 2013 cuma sebesar 1,91 juta kilo liter (kl). persentasi itu lebih rendah dari realisasi tahun lalu sebesar 2,08 juta kl.

demikian serta, sesuai penugasan pemerintah, kuota solar bersubsidi dan adalah tanggung jawab pertamina tahun ini lebih rendah 8,3 persen dibandingkan melalui realisasi penyaluran tahun lalu. dengan nasional, kuota solar bersubsidi tahun kemarin sebesar 15,56 juta kl, berkurang adalah 14,28 juta kl dalam 2013 ini.