RI-Bangladesh bicarakan pengungsi Rohingnya

menteri luar negeri ri, marty natalegawa, mengadakan pertemuan bilateral melalui menteri luar negeri bangladesh, dipu moni, agar membahas pengungsi warga etnis rohingnya, myanmar.

kami duduk bersama untuk mendiskusikan bagaimana agar masalah pengungsi rohingnya ini--bekerjasama melalui myanmar--bisa diatasi dengan baik, kata marty selama sela-sela pelaksanaan konferensi tingkat menteri regional bali process pada nusa dua, bali, selasa.

menurut dia, selain mendiskusikan hubungan bilateral kedua negara juga kerja sama dalam konteks bali process, perihal pengungsi rohingnya serta menjadi salah Satu topik bahasan pada pertemuan yang berlangsung sekitar 15 menit itu.

bangladesh, menurut perwakilan tetap indonesia pada pbb tahun 2007-2009 itu, dinilai dibuat penerima paling besar persentasi warga muslim dan adalah korban tragedi kemanusiaan dalam negeri bekas junta militer itu.

Lainnya: Melangsingkan Perut - Melangsingkan Perut - Obat Pelangsing perut

marty mencatat bahwa telah ratusan ribu warga etnis rohingnya yang telah mengungsi ke negara yang beribu kota dhaka tersebut.

sebagai negara paling besar dalam asia tenggara sekaligus persentasi populasi warga muslim paling besar dalam dunia, bangladesh menginginkan adanya pembahasan mendalam dengan indonesia mengenai isu rohingya.

melalui pertemuan bilateral tersebut, negara yang langsung berbatasan melalui pengunungan himalaya itu menginginkan supaya kedua negara bisa menghindari agar masalah kemanusiaan itu tidak kian rumit.

masalahnya apa dapat mencegah untuk masalah itu tak kian rumit, ujar diplomat daripada bandung, jawa barat itu.

belum disukai berapa persentasi pengungsi yang melarikan diri daripada rohingya, myanmar, ke indonesia setelah terjadi konflik berkepanjangan yang sampai saat ini dinilai belum kondusif semuanya.

selain berhadapan melalui bangladesh, marty natalegawa dan mengadakan pertemuan bilateral dengan delegasi pbb jenis pengungsian serta unhcr dan dipimpin dengan asisten komisioner unhcr, erika feller.

marty menambahkan bahwa badan pbb tersebut mengapresiasi kontribusi indonesia selama bali process juga merupakan negara dan berkontribusi kepada penyelesaian konflik dalam myanmar.

mereka mengapresiasi atas apa dan telah kita kontribusikan di `bali process` tergolong kontribusi kita terhadap penyelesaian masalah myanmar, papar dia.