Mahasiswa IBI Darmajaya ciptakan detektor jarak kendaraan

mahasiswa fakultas ilmu komputer ibi darmajaya, taufik hidayat, menciptakan rancang bangun sistem pendeteksi jarak dibuat alat pemandu parkir di kendaraan, agar mampu dimanfaatkan oleh berbagai mobil.

menurut taufik, pada bandarlampung, jumat, kalau ceroboh di memarkirkan kendaraan, dengan demikian bumper mobil mau mengalami lecet.

guna mengurangi kejadian itu, tutur dia, sangat disarankan supaya mobil telah terpasang sensor parkir dengan indikator-indikatornya yang dapat berupa display tampilan dan bunyi.

taufik mencari rancang bangun sistem pendeteksi jarak dijadikan alat pemandu parkir di kendaraan dengan sistem mikrokontroler dibuat pengendali sistem utamanya.

Informasi Lainnya:

mahasiswa jurusan sistem komputer ibi darmajaya ini mengajarkan, kemudian sebagai pendeteksi jarak, mencari modul sensor ultrasonic ping buatan parallax yang terdiri dari tx (transmitter) dan rx (receiver).

sebagai output, digunakan sebuah lcd (liquid cristal display) agar mencari jarak, led dan suatu buzzer untuk indikator bunyi.

hasil dan dibeli daripada pembuatan prototype rancang bangun sistem pendeteksi jarak dijadikan alat pemandu parkir selama mobil, alat tersebut dapat digunakan supaya mengukur jarak parkir mobil.

jarak yang terukur ditampilkan ke lcd pada satuan sentimeter beserta statusnya semisal apa kalau jarak yang terukur adalah lebih besar daripada 30 sentimeter.

pada lcd, melalui kondisi itu, ingin tertampil status kondisi : alami serta led tidak menyala dan buzeer tidak bunyi untuk tanda masih di jarak alami.

taufik memaparkan, bila jarak yang terukur 29 sentimeter hingga 20 sentimeter, maka selama lcd hendak tertampil status kondisi: awas led kuning hendak menyala serta buzzer bunyi tapi delay bunyi buzzer lebih lambat, serta kalau jarak yang terukur merupakan 19 sentimeter hingga 0 sentimeter dengan demikian hendak tertampil status kondisi : bahaya led merah menyala serta ditemani bunyi buzzer melalui delay bunyi lebih cepat.

wakil rektor bidang akademik serta riset ibi darmajaya, envermy vem msc, ditemani kepala jurusan sistem komputer yuni arkhiansyah skom mkom menegaskan kiranya pihaknya senantiasa mendukung segenap civitas akademika agar terus berinovasi dan berkontribusi terhadap masyarakat.

kami amat bangga sederat mahasiswa menghasilkan karya ilmiah yang mampu memberikan sumbangsih, tak cuma bagi kampusnya namun serta terhadap lingkungan sekitarnya, katanya.

menurut envermy, untuk bentuk komitmen ibi darmajaya mewujudkan lulusan yang berkompeten di bidangnya dan berwawasan technopreneurship, kampus biru ini selalu memotivasi mahasiswanya untuk menghasilkan karya ilmiah yang mampu memberikan kontribusi kepada warga.